Kamis, 20 Februari 2014

Pengertian Tentang Java

Share it Please
Java juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek / Object Oriented Programming (oop) yang dapat dijalakan pada berbagai platform sistem operasi dan bersifat open source.
  OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

Kelebihan Java :
   -  Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni .

   - Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi .
   - Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson, Blackberry , Android , IOS , Windows phone ) .

Kekurangan Java :


    - Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .

   -  Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit

Teknologi Java menyediakan banyak tools seperti compiler, interpreter dan sebagainya.

    Compiler adalah suatu program yang melakukan proses translasi dari pemrograman bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin di komputer. Selain translasi fungsi penting lainnya yaitu sebagai diagnostik, contohnya untuk pendeteksian error pada program agar programmer segera dapat memperbaikinya.

    Sedangkan Interpreter adalah :program yang mensimulasikan mesin virtual menggunakan bahasa pemrograman sebagai bahasa mesinnya. Interpreter ini membaca statement, menganalisanya dan menjalankan nya dengan intruksi yang sesuai di dalam mesin virtual.

Aplikasi Java umumnya merupakan aplikasi serba guna yang dapat di jalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE).
JRE terdapat pada paket J2SDK, mengandung kelas-kelas untuk semua paket teknologi Java yang meliputi kelas dasar dari Java, Komponen GUI (Graphical User Interface) dan sebagainya.
dibawah ini saya akan menjelaskan tentang beberapa aplikasi yang menunjang untuk mengolah program Java.

1. (Android Development tools)ADT




Android Development Tools (ADT) adalah plugin yang didesain untuk IDE Eclipse yang memberikan kita kemudahan dalam mengembangkan aplikasi android dengan menggunakan IDE Eclipse. Dengan menggunakan ADT untuk Eclipse akan memudahkan kita dalam membuat aplikasi project android, membuat GUI aplikasi, dan menambakan komponen-kompenen yang lainnya, begitu juga kita dapat melakukan running aplikasi menggunakan Android SDK melalui Eclipse. Dengan ADT juga kita dapat melakukan pembuatan package android (.apk) yang digunakan untuk distribusi aplikasi android yang kita rancang.
Mengembangkan aplikasi android dengan menggunakan ADT di eclipse sangat dianjurkan dan sangat mudah untuk memulai mengembangkan aplikasi android. Berikut adalah versi ADT untuk eclipse yang sudah dirilis :
ADT 12.0.0 (Juli 2011)
ADT 11.0.0 (June 2011)
ADT 10.0.1 (March 2011)
ADT 10.0.0 (February 2011)
ADT 9.0.0 (January 2011)
ADT 8.0.1 (Desember 2010)
ADT 8.0.0 (Desember 2010)
ADT 0.9.9 (September 2010)
ADT 0.9.8 (September 2010)
ADT 0.9.7 (May 2010)
ADT 0.9.6 (March 2010)
ADT 0.9.5 (Desember 2009)
ADT 0.9.4 (Oktober 2009)
selain itu ADT juga bisa kita gunakan untuk membuat source untuk aplikasi desktop 

2. Geany

Geany adalah suatu aplikasi bahasa pemrograman yang multi fungsi.
mengapa dikatakan multi fungsi?
karena pada Geany kita bisa membuat codes diluar java,misalkan :
C++ , HTML, PHP, PYTHON dll
tidak hanya multi fungsi,Geany ini juga memiliki kapasitas aplikasi yang rendah,dan performa yang baik.



3) Netbeans

 Netbeans adalah salah satu aplikasi IDE yang digunakan programmer untuk menulis, mengompile, mencari kesalahan, dan menyebarkan program.netbeans ditulis dalam bahasa java namun dapat juga mendukung bahasa pemrogramman lain. program ini bebas digunakan

 




fitur-fitur pada netbeans
·         Smart code completion : mengusulkan nama variable dari suatu tipe, melengkapi keyword, dan mengusulkan tipe parameter dari method
·         Menggunakan code generator : dengan menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method, dll.
·         Error stripe : fitur yang menandai baris yang error dengan menghiglight merah.
·         Bookmarking : fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi
·         go to commands : fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variable, source code atau file yang ada pada project yang sama.

Database yang didukung Netbeans
·         JDBC merupakan spesifikasi standar dari javasoft API yang memungkinkan program java untuk mengakses sistem database manajemen.
·         JDBC API terdiri dari satu set interface dan kelas yang ditulis dengan bahasa pemrogramman java.
·         ojdbc (oracle java database conectivity) adalah driver yang menghubungkan program java dan oracle
·         mysql-connector-java adalah driver yang menghubungkan program java dan oracle
·         JDBC-ODBC
·         mySQL-server
 
Dan masih banyak lagi bahasa pemrograman java yang lainnya.

 
Source : JENI (Java Education Network Indonesia) ,  http://androidcouple.blogspot.com , http://biebah-site34.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author