Kamis, 27 Februari 2014

Metode Registrasi Dan Handler Dalam Penanganan Event Java

Share it Please
Obyek pendengar event (event listener object) yang berkeinginan untuk mendengarkan event yang dipicu, harus mengimplementasikan interfes (interface) yang bersesuaian. Obyek pendengar harus diregistrasi oleh obyek sumber menggunakan metoda registrasi yang bersesuaian. Karena objek sumber (source object) seperti JList, JCheckBox dan JComboBox dapat memicu beberapa event, maka kelas dari obyek pendengar dapat mengimplementasikan beberapa interfes sekaligus.
Untuk mengimplementasikan beberapa interfes, digunakan tanda koma untuk memisahkan nama interfes satu dengan yang lain. Sebuah kelas dapat mengimplementasikan lebih dari satu interfes. Obyek pendengar yang mengimplementasikan interfes, harus mendeklarasikan ulang semua metoda yang dimiliki interfes tersebut sekalipun metoda yang dideklarasikan ulang tidak mempunyai kode penanganan event. Berikut ini adalah tabel dari beberapa interfes, metoda registrasi dan handler

 
Semua metoda untuk meregistrasi obyek pendengar oleh obyek sumber mempunyai sebuah parameter. Argumen dari parameter tersebut adalah variabel acuan yang mengacu ke kelas yang mengimplementasikan interfes listener.

Metoda penanganan event (handler) juga mempunyai sebuah parameter. Argumen dari parameter metoda ini adalah kelas event yang bersesuaian dengan interfes listener dimana metoda penanganan event dideklarasikan. argumen parameter metoda actionPerformed adalah variabel e yang mengacu ke tipe kelas ActionEvent.
 
Source : http://www.termasmedia.com/2012-05-29-02-56-17/java/271-metoda-registrasi-dan-handler-dalam-penanganan-event-java.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author