Kamis, 20 Februari 2014

Layout Border

Share it Please
BorderLayout membagi kontainer menjadi lima bagian diantaranya utara, selatan, timur,barat, dan tengah. Setiap komponen dimasukkan ke dalam region yang spesifik. Region utara dan selatan membentuk jalur horizontal sedangkan region timur dan barat membentuk jalur vertikal. Dan region tengah berada pada perpotongan jalur horizontal dan vertikal. Tampilan ini adalah bersifat default untuk object Window, termasuk object dari subclass Window yaitu tipe Frame dan Dialog.

Seperti pada FlowLayout Manager, parameter hgap dan vgap disini juga menjelaskan jarak antara komponen dengan kontainer. Untuk menambahkan komponen kedalam region yang spesifik, gunakan method menambahkan dan melewatkan dua argumen yaitu : komponen yang ingin dimasukkan ke
dalam region dan region mana yang ingin dipakai untuk meletakkan komponen. Perlu diperhatikan bahwa hanya satu komponen yang dapat dimasukkan dalam satu region. Menambahkan lebih dari satu komponen pada kontainer yang bersangkutan, maka komponen yang terakhir ditambahkan yang akan ditampilkan. Berikut ini adalah daftar dari kelima region.



class BorderLayoutDemo extends Frame {
public static void main(String args[]) {
BorderLayoutDemo bld = new BorderLayoutDemo();
bld.setLayout(new BorderLayout(10, 10)); //may remove
bld.add(new Button("NORTH"), BorderLayout.NORTH);
bld.add(new Button("SOUTH"), BorderLayout.SOUTH);
bld.add(new Button("EAST"), BorderLayout.EAST);
bld.add(new Button("WEST"), BorderLayout.WEST);
bld.add(new Button("CENTER"), BorderLayout.CENTER);
bld.setSize(200, 200);
bld.setVisible(true);
}
}


dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Source : JENI (Java Education Network Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author