Jumat, 28 Februari 2014

Konversi String ke tipe Numerik Dengan Java

Share it Please
pada artikel ini saya akan membuat sebuah artikel tentang bagaimana cara mengkonversi tipe string ke bentuk numerik pada java

Metoda showInputDialog() dari kelas JOptionPane mengembalikan nilai yang telah diinput oleh pengguna aplikasi dalam bentuk tipe String. Jika Anda memasukkan nilai numerik integer 243 ke kotak dialok input, metoda showInputDialog() mengembalikan nilai tersebut dalam bentuk string numerik integer “243”. String numerik ini tidak dapat digunakan dalam operasi aritmatika. Agar operasi aritmatika dapat dieksekusi, nilai string numerik terlebih dahulu harus dirubah (dikonversi) ke nilai numerik.
Untuk mengkonversi string numerik integer ke tipe-tipe numerik integer, dapat digunakan metoda parseInt dari kelas Integer. Berikut ini adalah contoh pernyataan untuk mengkonversi string numerik integer ke tipe int.> int varInteger = Integer.parseInt(strVarInteger);
varInteger adalah variabel tipe int. Variabel ini digunakan untuk menerima nilai hasil konversi dari string numerik integer ke numerik integer. Integer adalah salah satu kelas Java. Kelas Integer mempunyai metoda parseInt yang digunakan untuk mengkonversi nilai string numerik integer ke nilai numerik integer. strVarInteger adalah variabel yang berisi nilai string numerik integer seperti “243”. Anda dapat merubah string numerik double ke numerik double dengan sintak penulisan seperti berikut ini:
double varDouble = Double.parseDouble(strVarDouble);
strVarDouble adalah variabel yang berisi nilai string numerik double seperti “243.45”. Sebagaimana data tipe int dan double, tipe data numerik lain seperti byte, short, long dan float masing-masing mempunyai kelas dan metoda yang bersesuaian untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik. Berikut ini adalah beberapa pernyataan yang digunakan untuk mengkonversi ke tipe-tipe numerik yang lain:
// Mengkonversi ke tipe byte byte varByte = Byte.parseByte(strVarByte); // Mengkonversi ke tipe short short varShort = Short.parseShort(strVarShort); // Mengkonversi ke tipe long long varlong = Long.parseLong(strVarLong); // Mengkonversi ke tipe float float varFloat = Float.parseFloat(strVarFloat);
Kelas-kelas Java seperti Byte, Short, Integer, Long, Float dan Double juga sering disebut dengan numeric wrapper class. Numerik wrapper class tidak hanya berfungsi untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik, lebih dari itu, numeric wrapper class antara lain juga dapat digunakan untuk merubah tipe data numerik primitif ke bentuk obyek numerik atau sebaliknya. Numerik wrapper class terletak di paket java.lang. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua kelas Java yang terletak di paket java.lang secara otomatis sudah tersedia untuk digunakan di dalam program dan tidak perlu diimpor lagi menggunakan kata import.
Berikut ini adalah contoh program menghitung keliling lingkaran. Nilai jari-jari lingkaran yang digunakan di dalam program, diinput menggunakan kotak dialok input yang kemudian dikonversi ke tipe int.

saya akan mencoba dengan source seoerti di bawah ini

// Nama file : KelilingLingkaran
// Menampilkan nilai keliling lingkaran di kotak dialok pesan
// dengan nilai variabel jari2 diinput melalui kotak dialok input
// Mengimpor kelas JOptionPane
import javax.swing.JOptionPane;
public class KelilingLingkaran {
   public static void main(String[] args) {
      // Deklarasi konstanta
      final double PI = 3.14159;
      // Deklarasi variabel jari-jari dan luas lingkaran
      int jari2;
      double keliling;
      String sJari2;
      // Nilai variabel jari2 diinput melalui kotak dialok input
      sJari2 = JOptionPane.showInputDialog(null,
         "Masukkan jari-jari lingkaran\ndengan tipe data integer",
         "Input Data Jari-jari", JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);
      // Konversi tipe data String ke int
      jari2 = Integer.parseInt(sJari2);
      // Menghitung luas lingkaran
      keliling = 2 * PI * jari2;
      // Menampilkan hasil di kotak dialok pesan
      JOptionPane.showMessageDialog(null, "Jari-jari lingkaran = " +
         jari2 + "\nKeliling lingkaran = " + keliling, "Keliling Lingkaran",
         JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
       
      // Mengakhiri program yang menampilkan GUI
      System.exit(0);
   }
}
 
 
 setelh codes sudah di masukkan klik saja run,dan setelah run di klik maka akan muncul kotak dialog sperti gambar di bawah ini

klik saja ok untuk melanjutkan,setelah ok di klik selanjutnya akan muncul kotak dialog yang akan meminta sebuah inputan untuk memasukkan jari jari seperti gambar di bawah ini.
misalkan kita masukkan saja "20" ,selanjutnya klik OK
maka hasil akhir dari output yang kita buat adalah sebagai berikut

Source :
http://www.termasmedia.com/2012-05-29-02-56-17/java/20-konversi-data-dari-string-ke-tipe-tipe-numerik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author