Kamis, 27 Februari 2014

Layout Manager Pada Java

Share it Please
Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang aa itu layout manager pada java
Posisi dan ukuran suatu komponen ditentukan oleh layout manager. Layout manager mengatur tampilan dari komponen di dalam kontainer. Berikut ini beberapa layout manager yang terdapat di dalam Java.
1.FlowLayout 2.BorderLayout 3.GridLayout 4.GridBagLayout 5.CardLayout
Layout manager dapat diatur menggunakan method setLayout dari class Container. Method ini dapat ditulis sebagai berikut. void setLayout(LayoutManager mgr) Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan layout manager, Anda dapat mengisi null sebagai argumen untuk method ini. Tetapi selanjutnya, Anda akan mengatur posisi elemen secara manual dengan menggunakan method setBounds dari class Components. public void setBounds(int x, int y, int width, int height) Method ini mengatur posisi berdasarkan pada argumen x dan y, dan ukuran berdasarkan argumen width dan height. Hal ini akan cukup menyulitkan dan membosankan untuk aplikasi jika Anda memiliki beberapa objek komponen didalam object container. Anda akan memanggil method ini untuk setiap komponen.
FlowLayout Manager
FlowLayout Manager adalah default manager untuk class Panel dan subclassnya, termasuk class applet. Cara meletakkan komponen dari FlowLayout Manager dimulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah, dimulai dari pojok kiri atas. Seperti pada saat Anda mengetik menggunakan editor kata pada umumnya. Berikut adalah bagaimana FlowLayout Manager bekerja, dimana memiliki tiga constructor seperti daftar di bawah ini.
Gap dapat dikatakan sebagai jarak antara komponen dan biasanya diukur dengan satuan pixel. Posisi argumen mengikuti penulisan sebagai berikut :
1.FlowLayout.LEFT 2.FlowLayout.CENTER 3.FlowLayout.RIGHT

saya akan mencoba denga source seperti di  bawah ini :

import java.awt.*;
class FlowLayoutDemo extends Frame {
public static void main(String args[]) {
FlowLayoutDemo fld = new FlowLayoutDemo();
fld.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.RIGHT, 10, 10));
fld.add(new Button("ONE"));
fld.add(new Button("TWO"));
fld.add(new Button("THREE"));
fld.setSize(100, 100);
fld.setVisible(true);
}
}


Setelah kita run programnya maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini :

 
Klik saja OK untuk melanjutkan

setelah ok di klik output yang akan di hasilkan adalah akan muncul 3 buah button yang bertuliskan ONE,TWO dan THREE seperti gambar di bawah ini :
Source : JENI (Java Education Network Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author