Senin, 06 Oktober 2014

Mengapa Streaming Video Menggunakan Format FLV?

Share it Please
Sebelum saya menjelaskan mengapa Streaming perlu menggunakan FLV saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu FLV.
FLV adalah singkatan dari Flash Video yang merupakan kontainer video yang dirancang khusus oleh Adobe untuk menampilkan video di internet. FLV mulai dapat dimainkan menggunakan Adobe Flash Player versi 6 ke atas. Ekstensi video Flash Video ini sendiri biasanya adalah F4V atau FLV. FLV kini kabarnya di encode dengan cara yang sama dengan file SWF. 
Kadang kita sering menemukan file video FLV ini dan tidak dapat dimainkan dengan aplikasi media player seperti Windows Media Player karena kita belum menginstal codec atau tak memiliki plus-in  Adobe Flash Player yang dibutuhkan untuk memainkannya. Namun, tak perlu bingung karena Anda dapat mengunduh aplikasi K-Lite Mega Codec yang di dalamnya telah dilengkapi dengan codec video yang amat lengkap yang dapat digunakan dengan hanya menginstal 1 software atau perangkat lunak saja. Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi media player populer seperti VLC media player atau GOM Player untuk memainkan FLV.

FLV ini sering kita jumpai saat kita mengunduh atau men downoad file  video dari situs penyedia layanan video streaming seperti YouTube atau MetaCafe karena memang kedua situs tersebut menggunakan format FLV sebagai standar format video di situsnya.
Baru-baru ini, banyak aplikasi YouTube downloader yang tak hanya mampu mengunduh video dengan format FLV, tetapi juga MP4 walau secara kualitas adalah setara karena pada dasarnya sumber videonya memang sama. Kelebihan menggunakan format MP4 saat mendownload video dari YouTube adalah kompatibilitasnya yang cukup tinggi, sehingga dapat dimainkan di aplikasi media player yang ada.
Kini, kita telah mengenal format Flas Video, sehingga tak perlu bertanya lagi tentang apa itu FLV. Standar FLV ini banyak digunakan oleh situs penyedia layanan video streaming karena format FLV ini dianggap cukup ringan dan hemat bandwidth jika dibandingkan format video lainnya. Pengguna juga diuntungkan dalam hal ini, mengapa? Video streaming yang ringan akan memakan bandwidth yang lebih rendah dan mengurangi proses buffering yang cukup mengganggu.


Pengembangan Teknologi Media Digital
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author