Minggu, 26 Oktober 2014

Macam Macam Protokol Pada Komputer

Share it Please
1. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
https://docs.trafficserver.apache.org/en/latest/_images/httprvs.jpg
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World wide web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris, Tim Berners lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

2. FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pendownloadan dan penguploadan berkas-berkas komputer antara Client FTP dan Server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

3. MAILTO
Mailto adalah protokol yang digunakan untuk mengirim email melalu jaringan internet. Bentuk formatpada protocol ini adalah: mailto:nama_email@namahost contoh :mailto:peterdavid@gmail.com

4. UDP (User Datagram Protocol)
http://www.ni.com/cms/images/devzone/tut/UDP%20Connections.JPG
adalah TCP yang connectionless. Hal ini berarti bahwa suatu paket yang dikirim melalui jaringan dan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi. Sehingga dalam perjalanan ke tujuan paket dapat hilang karena tidak ada koneksi langsung antara kedua host, jadi UDP sifatnya tidak realibel, tetapi UDP adalah lebih cepat dari pada TCP karena tidak membutuhkan koneksi langsung.

5. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/69/SMTP-transfer-model.svg/2000px-SMTP-transfer-model.svg.png
merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.

Pengembangan Teknologi Media Digital
I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author