Berikut ini adalah contoh mengeset teks dan gambar pada suatu label
Label label1 = new Label(shell, SWT.LEFT);
label1.setText("Selamat Datang!");
SWT.BORDER
SWT.BORDER
adalah bit gaya yang tersedia pada Control
. Semua kontrol, termasuk Label
bisa menggunakan bit gaya ini. Bit gaya ini memberikan garis tepi di
sekitar kontrol. Misalnya, dari contoh pada bagian sebelumnya, kita
tambahkan SWT.BORDER
sebagai bit gaya pada label1
, maka keluarannya ada seperti gambar berikut ini.
...
// Inisialisasi label
label1 = new Label(shell, SWT.LEFT | SWT.BORDER);
label1.setText("Selamat Datang!");
label1.setBounds(10, 10, 150, 25); // set lokasi & ukuran kontrol agar bisa ditampilkan
...
Kerapatan Teks
Kita
juga bisa mengatur kerapatan (alignment) suatu teks atau gambar. Selain
menggunakan bit gaya SWT.LEFT
, SWT.RIGHT
,
atau SWT.CENTER
pada konstruktor. Atau kita juga bisa
menggunakan metode instansi pada kelas tombol berikut :
Misalnya,
Label labelTeks = new Label(shell, SWT.NONE); // Tanpa bit gaya
labelTeks.setText("Tombolku");
labelTeks.setAlignment(SWT.LEFT);
Ilustrasi berikut menunjukkan label dengan tiga kerapatan berbeda, menggunakan bit gaya SWT.LEFT
, SWT.RIGHT
, dan SWT.CENTER
.
Memangkas Teks
Jika kita ingin agar label yang kita tampilkan hanya terbatas pada ukuran tertentu saja, bit gaya SWT.WRAP
bisa digunakan untuk ini. SWT.WRAP
memberitahukan kontrol untuk memotong teks sehingga tidak ada teks yang
terpotong dengan paksa. Berikut ini adalah contoh perbedaan label yang
menggunakan SWT.WRAP
(label atas) dan yang tidak (label bawah).
Kode lengkapnya adalah sebagai berikut :
import org.eclipse.swt.*;
import org.eclipse.swt.graphics.*;
import org.eclipse.swt.widgets.*;
public class HelloSWT3 {
// Variabel-variabel widget kita deklarasikan sebagai
// variabel privat
private Display display;
private Shell shell;
private Label label1;
private Label label2;
// Konstruktor kelas ini, untuk menginisialisasi semua widget
HelloSWT3() {
// Membuat display dan shell baru
display = new Display();
shell = new Shell(display);
shell.setSize(200, 200);
shell.setText("Hello SWT");
// Inisialisasi label
label1 = new Label(shell, SWT.LEFT | SWT.BORDER | SWT.WRAP);
label1.setText("Selamat Datang di sini");
label1.setLocation(10, 10); // set lokasi kontrol
// Hitung ukuran kontrol yang dibutuhkan
Point ukuran = label1.computeSize(SWT.DEFAULT, SWT.DEFAULT);
// Set lebar kontrol menjadi setengahnya
ukuran.x = ukuran.x/2;
label1.setSize(ukuran);
// Inisialisasi label
label2 = new Label(shell, SWT.LEFT | SWT.BORDER);
label2.setText("Selamat Datang di sini");
label2.setLocation(10, 40); // set lokasi kontrol
// Hitung ukuran kontrol yang dibutuhkan
ukuran = label2.computeSize(SWT.DEFAULT, SWT.DEFAULT);
// Set lebar kontrol menjadi setengahnya
ukuran.x = ukuran.x/2;
label2.setSize(ukuran);
}
// Perintah "standar" SWT, harus ada pada setiap aplikasi SWT
public void run() {
shell.open();
while (!shell.isDisposed())
if (!display.readAndDispatch())
display.sleep();
display.dispose();
}
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// Instansiasi kelas ini, kemudian jalankan run
HelloSWT3 hello = new HelloSWT3();
hello.run();
}
}
Source : http://java.lyracc.com/belajar/java-untuk-pemula/mengeset-teks-pada-label
infonya sangat bermanfaat bagi ane
BalasHapuslampu servis kaca pembesar LED