Jumat, 28 Februari 2014

Set Text Pada Label di Java

Share it Please
Suatu label bisa diisi teks atau gambar, tapi tidak keduanya secara bersamaan. Berikut ini adalah beberapa metode yang digunakan untuk mengeset dan mengambil teks dan gambar pada label.


 Berikut ini adalah contoh mengeset teks dan gambar pada suatu label



Label label1 = new Label(shell, SWT.LEFT);
label1.setText("Selamat Datang!");
 
SWT.BORDER SWT.BORDER adalah bit gaya yang tersedia pada Control. Semua kontrol, termasuk Label bisa menggunakan bit gaya ini. Bit gaya ini memberikan garis tepi di sekitar kontrol. Misalnya, dari contoh pada bagian sebelumnya, kita tambahkan SWT.BORDER sebagai bit gaya pada label1, maka keluarannya ada seperti gambar berikut ini.


...
        // Inisialisasi label
        label1 = new Label(shell, SWT.LEFT | SWT.BORDER);
        label1.setText("Selamat Datang!");
        label1.setBounds(10, 10, 150, 25); // set lokasi & ukuran kontrol agar bisa ditampilkan
...
 
Kerapatan Teks Kita juga bisa mengatur kerapatan (alignment) suatu teks atau gambar. Selain menggunakan bit gaya SWT.LEFT, SWT.RIGHT, atau SWT.CENTER pada konstruktor. Atau kita juga bisa menggunakan metode instansi pada kelas tombol berikut :





 Misalnya,



Label labelTeks = new Label(shell, SWT.NONE); // Tanpa bit gaya
labelTeks.setText("Tombolku");
labelTeks.setAlignment(SWT.LEFT);
 
Ilustrasi berikut menunjukkan label dengan tiga kerapatan berbeda, menggunakan bit gaya SWT.LEFT, SWT.RIGHT, dan SWT.CENTER.

Memangkas Teks Jika kita ingin agar label yang kita tampilkan hanya terbatas pada ukuran tertentu saja, bit gaya SWT.WRAP bisa digunakan untuk ini. SWT.WRAP memberitahukan kontrol untuk memotong teks sehingga tidak ada teks yang terpotong dengan paksa. Berikut ini adalah contoh perbedaan label yang menggunakan SWT.WRAP (label atas) dan yang tidak (label bawah).

Kode lengkapnya adalah sebagai berikut :

import org.eclipse.swt.*;
import org.eclipse.swt.graphics.*;
import org.eclipse.swt.widgets.*;
 
public class HelloSWT3 {
 
    // Variabel-variabel widget kita deklarasikan sebagai
    // variabel privat
    private Display display;
    private Shell shell;
    private Label label1;
    private Label label2;
 
    // Konstruktor kelas ini, untuk menginisialisasi semua widget
    HelloSWT3() {
        // Membuat display dan shell baru
        display = new Display();
        shell = new Shell(display);
        shell.setSize(200, 200);
        shell.setText("Hello SWT");
 
        // Inisialisasi label
        label1 = new Label(shell, SWT.LEFT | SWT.BORDER | SWT.WRAP);
        label1.setText("Selamat Datang di sini");
        label1.setLocation(10, 10); // set lokasi kontrol
 
        // Hitung ukuran kontrol yang dibutuhkan
        Point ukuran = label1.computeSize(SWT.DEFAULT, SWT.DEFAULT);
 
        // Set lebar kontrol menjadi setengahnya
        ukuran.x = ukuran.x/2;
        label1.setSize(ukuran);
 
        // Inisialisasi label
        label2 = new Label(shell, SWT.LEFT | SWT.BORDER);
        label2.setText("Selamat Datang di sini");
        label2.setLocation(10, 40); // set lokasi kontrol
 
        // Hitung ukuran kontrol yang dibutuhkan
        ukuran = label2.computeSize(SWT.DEFAULT, SWT.DEFAULT);
 
        // Set lebar kontrol menjadi setengahnya
        ukuran.x = ukuran.x/2;
        label2.setSize(ukuran);
    }
 
    // Perintah "standar" SWT, harus ada pada setiap aplikasi SWT
    public void run() {
        shell.open();
        while (!shell.isDisposed())
            if (!display.readAndDispatch())
                display.sleep();
        display.dispose();
    }
 
    /**
     * @param args
     */
    public static void main(String[] args) {
        // Instansiasi kelas ini, kemudian jalankan run
        HelloSWT3 hello = new HelloSWT3();
        hello.run();
    }
}


Source : http://java.lyracc.com/belajar/java-untuk-pemula/mengeset-teks-pada-label 

1 komentar:

Followers

Follow The Author