Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang aa itu layout manager pada java
Posisi dan ukuran suatu komponen
ditentukan oleh layout manager. Layout manager mengatur tampilan dari
komponen di dalam kontainer. Berikut ini beberapa layout manager yang
terdapat di dalam Java.
1.FlowLayout
2.BorderLayout
3.GridLayout
4.GridBagLayout
5.CardLayout
Layout manager dapat diatur menggunakan
method setLayout dari class Container. Method ini dapat ditulis sebagai
berikut. void setLayout(LayoutManager mgr) Jika Anda memilih untuk tidak
menggunakan layout manager, Anda dapat mengisi null sebagai argumen
untuk method ini. Tetapi selanjutnya, Anda akan mengatur posisi elemen
secara manual dengan menggunakan method setBounds dari class Components.
public void setBounds(int x, int y, int
width, int height) Method ini mengatur posisi berdasarkan pada argumen x
dan y, dan ukuran berdasarkan argumen width dan height. Hal ini akan
cukup menyulitkan dan membosankan untuk aplikasi jika Anda memiliki
beberapa objek komponen didalam object container. Anda akan memanggil
method ini untuk setiap komponen.
FlowLayout Manager
FlowLayout Manager adalah default manager
untuk class Panel dan subclassnya, termasuk class applet. Cara
meletakkan komponen dari FlowLayout Manager dimulai dari kiri ke kanan
dan dari atas ke bawah, dimulai dari pojok kiri atas. Seperti pada saat
Anda mengetik menggunakan editor kata pada umumnya. Berikut adalah
bagaimana FlowLayout Manager bekerja, dimana memiliki tiga constructor
seperti daftar di bawah ini.
Gap dapat dikatakan sebagai jarak antara komponen dan biasanya diukur dengan satuan
pixel. Posisi argumen mengikuti penulisan sebagai berikut :
1.FlowLayout.LEFT
2.FlowLayout.CENTER
3.FlowLayout.RIGHT
saya akan mencoba denga source seperti di bawah ini :
import java.awt.*;
class FlowLayoutDemo extends Frame {
public static void main(String args[]) {
FlowLayoutDemo fld = new FlowLayoutDemo();
fld.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.RIGHT, 10, 10));
fld.add(new Button("ONE"));
fld.add(new Button("TWO"));
fld.add(new Button("THREE"));
fld.setSize(100, 100);
fld.setVisible(true);
}
}
Setelah kita run programnya maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini :
Klik saja OK untuk melanjutkan
setelah ok di klik output yang akan di hasilkan adalah akan muncul 3 buah button yang bertuliskan ONE,TWO dan THREE seperti gambar di bawah ini :
Source : JENI (Java Education Network Indonesia)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar